Just_Hanny

Together learning, Together knowing! Welcome! BSE book and my own writes :)

Rabu, 04 April 2012

Tempat Tinggal (Habitat)

Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup dari mulai tingkat rendah sampai ke tingkat yang tinggi. Masing-masing spesies membentuk kelompok, contohnya adalah manusia beserta sesamanya membentuk satu kelompok pada suatu daerah menjadi suatu masyarakat tertentu.

Lingkungan yang nyaman dan aman merupakan tempat tinggal yang diperlukan oleh makhluk hidup, sehingga mereka dapat berinteraksi dan berkembang biak untuk meneruskan keturunnya.
Terdapat tingkatan kelompok makhluk hidup yang hidup pada suatu wilayah, yaitu:
a. Populasi, yaitu kelompok makhluk hidup yang sejenis yang hidup dan berkembang biak pada
suatu daerah. Contohnya adalah populasi manusia, populasi badak, populasi burung, dan
populasi banteng.

b. Komunitas, yaitu semua populasi dari berbagai jenis yang menempati daerah atau kawasan tertentu. Contohnya populasi manusia, populasi kerbau, populasi burung dan populasi kambing yang hidup dan berkembang biak pada satu daerah membentuk komunitas.
c. Ekosistem, merupakan tatanan kesatuan secara menyeluruh antara seluruh unsur lingkungan, tidak hanya komponen komunitas saja tetapi juga komponen non-hayati. Diantara komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain dan saling mempengaruhi membentuk suatu sistem dengan nama ekosistem. Contohnya ekosistem laut, ekosistem sungai, ekosistem pesawahan, ekosistem pantai
d. Biosfera, merupakan lapisan bumi tempat ekosistem berlangsung, kuran lebih 9000 m di atas permukaan bumi dan beberapa meter di bahwa permukaan tanah serta beberapa ribu meter di bawah permukaan laut.

0 komentar:

Posting Komentar